Sinobi Kurawa. Powered by Blogger.
RSS

Harimau Kecil Menanam Bunga


Harimau Kecil Menanam Bunga
Penulis : Tim AndrieWongso
Kamis, 12 Juli 2012

andriewongso.com

小老虎种花 有一只小老虎时时都想干出一番大事业,以便有资本获得百兽们的尊重和崇拜。但它整天游手好闲,不做任何事,只一门心思地考虑着如何才能出人头地,惹得百兽们背地里都叫它"空想家"。后来,小老虎闲逛到山脚下的老山羊家,老山羊见它成天不做事,忍不住就教训了它几句。小老虎说:"我不是不想干事,而是想干大事,因为我要出人头地,可一直找不到出人头地的方法。"老山羊带着小老虎来到院子后的花园里,然后从口袋里拿出一包种子说:"这是九月菊的种子,现在你想个办法让它们早点开花,并让它们的花朵鲜艳夺目、出人头地吧。""想让它们在花中出人头地,还不简单么?咱们把它埋进土里,它就会生根发芽,钻出土壤,在秋天开出美丽的花朵。"说完,小老虎便刨土准备种下种子。"你这样做是不是埋没了它们?"老山羊笑着问。"可是,如果不经过埋没阶段,它们怎么可能发芽破土而出呢?""孩子,看来你早就知道出人头地的方法呀。""您是说......"小老虎有所感悟。    大道理:惟有埋头,才能出头。一个人如果急于出人头地,除了自寻苦恼之外,不会真正得到什么。人只有埋头做事,才能有所作为,最后出人头地

*** Alkisah, ada seekor harimau kecil yang punya impian mengerjakan pekerjaan hebat agar dirinya bisa dihormati dan disegani semua binatang. Tapi setiap hari dia hanya bersantai saja, tidak berbuat apa pun. Si harimau kecil hanya membuang-buang waktunya untuk memikirkan cara menjadi hebat. Karena inilah, binatang-binatang lain menjulukinya "pemimpi".
Suatu hari, harimau kecil datang ke rumah kambing tua yang terletak di kaki gunung. Karena melihat si harimau kecil itu hanya bersantai-santai saja, si kambing tua menegurnya. Harimau itu menjawab bahwa dia bukannya tidak ingin bekerja, tapi belum mendapat ide untuk mengerjakan sesuatu yang sangat bermakna dan hebat.
Lalu, si kambing tua mengajak harimau itu ke halaman belakang. Di sana, terhampar sebuah taman bunga. Dari dalam kantong, si kambing tua mengeluarkan bibit bunga dan memberikannya pada si harimau, "Ini bibit bunga. Sekarang coba pikirkan cara tercepat agar bibit ini bisa tumbuh dari dalam tanah dan berbunga."
"Agar bibit ini bisa tumbuh besar dan berbunga mekar, caranya hanya menguburkan bibit itu dan nantinya dia akan tumbuh berakar. Lalu dia akan muncul ke permukaan tanah dan berbunga di musim semi," kata si harimau. Setelah itu, dia mulai menebarkan bibitnya. "Jika tidak melalui masa penanaman bibit di tanah, maka bibit itu juga tidak bisa tumbuh dari tanah."Kambing tua itu pun berkata bahwa sebenarnya si harimau kecil sudah tahu cara menjadi seekor binatang yang hebat.Pesan moral cerita ini: Seseorang yang ingin menjadi hebat, haruslah bersedia untuk bekerja keras. Karena dengan berjuang dan bekerja keras, maka cepat atau lambat keberhasilan akan menghampiri kita.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment

Followers