Sinobi Kurawa. Powered by Blogger.
RSS

Manfaat Konflik Indonesia - Malaysia

Kemarin dulu, kawan yang adalah warga negara Indonesia, menulis banyak hujatan untuk lawannya menggunakan komputer ber-Windows bajakan. Jendela hujat-messenger-nya terbuka diantara jendela MS Office dan Photo Shop cracked (bajakan). Semua dilakukan sambil mendengarkan MP3 yang disalin dari CD beli 10 ribuan rupiah (bajakan). Mungkin, di Malaysia sana, pihak yang sedang dihujat juga melakukan pembelaan diri dari komputer yang dipenuhi barang bajakan. Sambil mendengarkan senandung artis yang korban pembajakan.

Hebatnya, mereka ini saling hujat karena meributkan “aksi pembajakan” yang didukung pemerintah Malaysia :)

Bukan, kali ini saya bukan mau sok suci menghakimi aksi para munafik yang ribut tentang Hak Kekayaan Imajiner. Kali ini justru sedang berusaha melihat manfaat-manfaat yang mungkin lupa disyukuri.

Manfaat bagi Indonesia:
* Konflik dengan negara tetangga ini membakar semangat kebersamaan. Membuat rasa nasionalisme berkobar. Tiba-tiba kita punya musuh bersama, untuk kita maki bersama-sama.
* Bagi sebagian yang berpikir, bisa membayangkan rasa tak nyaman yang timbul saat sebuah karya komersil dibajak tanpa ijin untuk tujuan komersil.
* Media massa tiba-tiba penuh dengan berita yang itu-itu saja. Para penguasa yang ingin menyembunyikan sesuatu dari ekspos media bisa rileks dan menurunkan tekanan darahnya. Masalah syariat Aceh, freeportnya papua, keinginan natuna untuk merdeka dan entah mana lagi bisa dilupakan sementara.
* Jika dibakar lebih lanjut, mungkin bisa dijadikan alasan untuk ‘praktek kerja lapangan’ bagi para tentara kita. Sekali-kali perang betulan bisa untuk menguji hasil latihan dan promosi barang-barang pindad.

Manfaat untuk Malaysia:
* Membuka mata generasi muda Malaysia, ternyata bangsanya (terutama generasi tuanya) tak mampu berkreasi lagi hingga terpaksa mengklaim karya tetangga.
* Memicu pertanyaan generasi mudanya, ada apa dengan budaya negerinya? Kenapa kreatifitas bangsanya demikian menyedihkan? Apa karena terlalu banyak memikirkan agama? Apa karena terlalu banyak impor budaya arabia? Ups. Maaf.
* Andai Indonesia memutuskan menyerang, Malaysia akan diuntungkan. Perang bisa membangkitkan lagi semangat kebersamaan dan persatuan Rakyat Malaysia yang selama ini terus dikoyak-koyak agama dan isu bumi putera.

Manfaat untuk saya?
* Jadi bahan untuk menulis dengan semena-mena, demi menghindari rasa bersalah akibat lama tak update blog.

Manfaat untuk anda?
* Hehe, anda bisa coba memikirkan (dengan liar) apa saja terjadi dibalik semua yang terlihat dan berbagi respon yang inspiratif.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment

Followers